Tugas Online 4 “kewirausahaan”

Tugas Online Kewirausahaan
Antonio Fivaldi
2012-12-271
Tugas ol 4

images (1)

 

jl. jati uwung gebang raya
Contact Us
call
0838 – 1200 – 860
0838 – 9791 – 3190
0838 – 9434 – 2988
Menerima pesanan
*cattering
* Nasi box
* Nasi bungkus
Harga kaki lima
Rasa restoran bintang lima
Menerima delivered order untuk pemesanan minimum 5 bungkus
Kami akan antar ketempat anda

BISNIS PLAN “Ombak sunur”

rumah_gadang_by_cupcakes2008-d4pw32z

I. Ringkasan Eksekutif
Ombak Sunur adalah konsep catering yang di rancang membuat para pelanggan yang ingin membuat acara secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan dari pasa membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis catering makanan.
Ombak Sunur menawarkan kepada pelanggannya makanan-makanan masakan daerah Sumatra Barat “Padang”. Karena Ombak Sunur memeiliki Chef yang handal dalam bidang makanan yang berasal dari daerah padang.

Ombak Sunur akan di mulai bertempat di Daerah Kota Tangerang, Meskipun banyak sekali pesaing di dalam bisnis usaha catering ini Ombak Sunur yakin akan dapat menembus pangsa pasar sekarag ini di dalam usaha catering. Peluang membuka usaha catering di daerah Ibu Kota ini masih sangat terbuka karena bagi masyarakat yang ingin pesta bisa memesan makanan apapun yang mereka inginkan, Lebih dari itu, Ombak Sunur mempunyai tempat yang startegis untuk masyarakat memesan makanan dan mencari mutiara catering tidak susah. Letak tempat di jalan Jati Uwung,Gebang Raya. Depan Perkulakan Indogrosir.Tempat yang cukup srategis dimana tepat berada di pinggir jalan raya utama.

Elemen-elemen utama yang ditawarkan membedakan antara Ombak Sunur dan usaha catering lainnya adalah :
Produk makanan yang berkualitas tinggi
Chef yang handal,
Layanan konsumen yang prima,disesuaikan dengan semua kebutuhan konsumen yang diinginkan.

Metode pemasaran yang unik,
Lokasi yang strategis,
Tahap awal dari rencana bisnis ini adalah mempunyai tempat yang starategis, tetapi target jangka panjang adalah mempunyai cabang-cabang di beberapa kawasan industri di kota Tangerang.karna mengingat pangsa pasar yang sangat dominan di daerah kawasan industri.

II. BISNIS
1. Konsep Bisnis
Ombak Sunur adalah konsep catering yang di rancang membuat para pelanggan yang ingin membuat acara secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripasa membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memabg sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis catering makanan
Ombak Sunur akan di mulai bertempat di Daerah Kota Tangerang, Meskipun banyak sekali pesaing di dalam bisnis usaha catering ini Ombak Sunur yakin akan dapat menembus pangsa pasar sekarang ini di dalam usaha catering. Rencana jangka pendek Omabak Sunur mempunyai tempat yang starategis seperti kawasan-kawasan industri yang berada di daerah tangerang,mengingat cukup banyak industri di kota tangerang ,aupun di daerah kabupaten tangerang, tetapi target jangka panjang adalah mempunyai cabang-cabang di Kabupaten Kota dan Kota besar. Manajemen Catering ingin menekankan bahwa peluang membuka usaha cetering di daerah Kota pun pasti bisa maju. Semua orang pasti menginginkan pemesanan makanan yang enak dan berbagai macam makanan khas padang yang mereka inginkan.

Berikut ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh Ombak Sunur yang membedakannya dengan sesama catering lainnya :

1. Produk makanan yang berkualitas tinggi
Ombak sunur didirikan untuk menyediakan makanan yang berkualitas tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan makanan catering yang berkualitas tinggi. Menu diracik dengan sentuhan chef profesional dan handal dibidangnya. untuk memberikan cita rasa enak dan modern yang berbeda dengan yang ditawarkan pesaing.

2. Chef yang handal dan profesional
Ombak sunur mempunyai ahli masak yang handal dan profesional. Seluruh Chef yang ada di Ombak Sunur adalah Chef asli dari daerah kota padang yang sangat mengetahui cita rasa orang Indonesia dalam kuliner makanan khas padang.

3. Layanan Konsumen yang prima
Tujuan Ombak sunur Management adalah mengembangkan layanan positif dan proaktif yang akan dialami oleh konsumen setiap kali mereka datang ke Ombak Sunur. Karena konsep ini adalah konsep yang masih baru di kota Tangerang, dan perusahaan mengandalkan kunjungan kembali konsumen untuk memesan makanan kembali. Maka interaksi dengan konsumen merupakan hal yang kritis dan merupakan kunci sukses bisnis ini.

4. Metode pemasaran yang unik,
Ombak Sunur akan menerapkan startegi pemasaran yang unik, Ombak Sunur akan menggunakan logo
Secara eksentif pada persentasi produknya yang inovatif, dan selebaran. Sebagai tambahan, karyawan juga menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif, seperti, menambahkan bonus pemesanan jika memesan diatas 500 porsi makanan.

5. Lokasi yang strategis,
Ombak Sunur berlokasi di daerah Kota Tangerang yang sangat strategis pinggir jalan yang dan mudah di akses jika dari jalanan di kota Tangerang. Pelanggan dapat langsung menemukan daerah Ombak Sunur.
1. Produk yang di tawarkan
Meskipun, menu utama yang di tawarkan adalah masakan, tetapi Ombak Sunur juga menawarkan berbagai makanan penutup yang sangat lengkap.
Menu Masakan Padang
1. Ombak Sunur menawarkan masakan Padang dari berbagai macam makanan seperti Rendang,Ayam Goreng,Ayam Pop,Ayam Guali,Ayam Bakar,Ayam Sambal Lado Merah,Ayam Sambal Lado Hijau,Udang Goreng,Udang Sambal Lado Merah dan Hijau,Ikan Bakar,Ikan Gulai,Ikan Goreng,Ikan Asam Padeh,Cumi Goreng,Cumi Gulai,Soto Padang,Gulai kikil,Dendeng Balado,Paru Goreng,dan menu yang special Gulai Kepala Kakapdan berbagai macam makanan lainnya.

Selain itu juga pelanggan bisa memesan makanan sesuai selera makanan yang pelanggan ingin pesan jika di list makanan tidak tertulis di list.

Harga
Harga yang di tawarkan oleh Ombak Sunur sangat terjangkau dan tidak terlalu jauh berbeda di bandibgkan dengan pesaingnya .
Minimal pemesanan 50 porsi.

Berikut adalah daftar harganya :
• Menu Masakan Padang per 50 porsi lengkap Rp. 1.500.000,-
( 1 Porsi Rp. 30.000,-)
• Menu Special Gulai Ikan Kakap per 50 porsi lengkap Rp. 2.500.000,-
(1 porsi Rp. 50.000,-)

Harga yang di tawarkan relatif bersaing dibandingkan dengan pesaing. Ombak Sunur juga akan melatih para karyawannya untuk mengimplemantasikan strategi “ up-selling” dimana konsumen didorong secara aktif untuk mencoba rasa kombinasi baru.
1. Konsep Pemasaran
Terdiri dari 4 elemen (Price+ Place + Promotion), UNTUK PRODUK, OS mensurvei para pesaing-pesaingnya. Misalnya saja, menentukan apa 10 menu populer untuk catering di tempat OS. Nah, khusus ke 10 menu itu OS sangat mutlak menguasainya. Strategi pemasaran OS adalah menciptakan tingkat kesadaran merek, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan eduksi produk yang di tawarkan OS.

Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut :
• Memberikan sampel gratis setiap pelanggan yang ingin memesan makanan.
• Penawaran yang setiap memesan di atas 500 porsi dapat bonus
• Materi-materi edukasi (seperti poster dan selebaran) yang berkaitan dengan kualitas makanan dan manfaatnya.
• Layanan proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta tata cara melayani konsumen dengan antusias.
• Memberikan jasa antar gratis pada wilayah kota Tangerang
• Penempelan Logo, dan sebagainya.

1. Layanan Pelanggan
• Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen, Ombak Sunur akan menyelenggarakan pemasaran internal melalui proses rekruitment, pelatihan, dan motivasi para karyawannya.
• Selain itu, karyawan juga akan di berikan pelatihan mengenai product knowladge yang di hasilkan oleh OS.
• Karyawan akan menggunakan seragam yang modis dan modern.
2. Desain Catering
• Ombak Sunur akan di rancang dengan konsep pearl purple, sama dengan nama dan warna logo
3. Lokasi dan pilihan wilayah
• Pilihan Lokasi dan wilayah yang mudah di cari oleh para pelanggan, dan terlihat dari jarak yang cukup jauh.
4. Pasokan Barang Dagangan
• Bahan baku untuk makanan
5. Operasi Catering dan Manajemen
• Ombak Sunur akan di operasikan oleh satu Manajer yang akan bekerja penuh waktu dan 5 sampai 10 pegawai pendukung yang bekerja paruh waktu.
• Jam operasi adalah 08.00-17.00, setiap hari.

III PASAR
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga dimana khususnya karyawan-karyawan dari perusahaan yang ada di kawasan industri. Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya.
Positioning
• Agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya, Ombak Sunur merancang sebuah strategi positioning yang atraktif
• Beberapa statemen positioning yang bisa di gunakan, misalnya :
“Ombak Sunur : Enak dan Berkualitas.”

IV PELANGGAN
• Pasar sasaran Ombak Sunur adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.
• Ombak Sunur berharap tingkat pemesanan ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga di harapkan sekitar 85 % pesanan meningkat.

V PERSAINGAN
• Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk ,layanan, pengenalan akan nama merk dan lokasi.

VI MANAJEMEN
Struktur management akan berkaitan dengan aspek-aspek :
• Profesionalisme
• Keahlian dalam hal keuangan, manajemen, dan aspek hukum
• Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif , ambisi, dan intergritas.
VII PROYEKSI KEUANGAN
Modal
Ringkasan modal Rp. 300.000.000,- adalah sebagai berikut :
• Biaya Penyewaan Tempat pinggir jalan per 1 thn Rp. 50.000.000,-
• Biaya Rancang Interior Rp. 15.000.000,-
• Bahan dan Peralatan Rp. 15.000.000,-
• Modal Produksi + Lain-lainyaRp. 220.000.000,- +
Total Rp. 1.000.000.000,-
Note :
modal di ambil dari biaya lain-lainya
Inventaris kendaraan yang dimiliki berupa 3 buah motor untuk kebutuhan pengantaran serta mobilitas dalam lingkup usaha

Penjualan
• Asumsi penjualan/pemesanan tahap awal adalah rata-rata 1000 porsi / 3 bulan pertama.
Gaji
• Ombak Sunur akan membayar gaji manager penuh waktu Rp. 40.000.000 per tahun. Karyawan penuh waktu akan di gaji sebesar Rp. 1.000.000 per bulan.

Kinerja Keuangan
Kinerja keuangan di proyeksikan sebagai berikut :
• Grooss Margin 80 %
• Operating Sales 20 %
• Opearting Interest 185 %
• Operating Investment 30 %

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s